Baju Koko Kini Tidak Hanya Dipakai Pada Kegiatan Keagamaan

Baju Koko Kini Tidak Hanya Dipakai Pada Kegiatan Keagamaan

MCH.Co.Id – Baju koko sebenarnya berasal China bernama “Tui-Khim”. Di kalangan warga Betawi, baju Tui-Khim dipakai dan dikenal dengan sebutan baju Tikim. Baju Tui-Khim modelnya seperti baju muslim koko, bukaan di tengah dengan lima kancing.

Seiring perkembangannya baju muslim koko bukan hanya berwarna putih polos. Dan, baju takwa pun tidak selalu bermotif garis-garis vertikal warna cokelat seperti yang dikenakan Sunan Kalijaga. Rupanya Baju muslim koko dan baju takwa pun saling berkolaborasi, sehingga sudah semakin jarang yang benar-benar baju muslim koko ataupun yang benar-benar baju takwa. Sudah banyak pilihan warna. Ada yang lengan panjang, ada pula yang lengan pendek. Motifnya pun beragam, mulai dari bordir hingga batik.

Kegunaan baju koko atau baju takwa ini yang paling utama memang masih untuk kegiatan yang berkaitan dengan ibadah. Namun, mulai sering pula digunakan di luar kegiatan keagamaan. Misalnya, untuk pergi ke pesta atau kegiatan sehari-hari lainnya. Banyak model baju muslim untuk pria ini kini punya model yang simpel dan elegan, sehingga sangat cocok digunakan untuk aktifitas sehari-hari.

Bahkan, di beberapa daerah, anak SMP dan SMA diwajibkan mengenakan baju koko setiap hari Jumat. Juga, di beberapa daerah seperti Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Kabupaten Maros Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Cianjur serta Kabupaten Indramayu Jawa Barat, baju muslim koko menjadi seragam wajib bagi PNS setiap hari Jumat. Penggunanya pun bukan dari muda hingga tua, bahkan tidak terbatas di kalangan muslim.

Sama halnya dengan Musisi Nasional Budi Cilok, saat konsernya di beberapa daerah maupun di televisi, Budi mengaku sangat nyaman dengan selalu memakai baju koko. Kebiasaan berpakaian dengan penampilan yang sederhada saat konser Budi Cilok banyak menginspirasi para penggemarnya. (*)

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Tidak hanya untuk pergi ke masjid. Namun, dalam perkembangannya, baju koko atau model baju muslim terbaru bisa dipakai untuk acara casual. Ada pilihan beragam yang bisa dipakai untuk segala kesempatan. . . Termasuk saat @inisibudicilok saat bernyanyi di konser sampah (23/12) di Cibeas Sukabumi, ia memakai baju koko yang di produksi MCH Trendy Muslim Apparel. Sesuai dengan konsepnya MCH Trendy Muslim Apparel diberikan sentuhan trendy dan casual agar bisa dipakai di segala situasi. Terima kasih @inisibudicilok sudah memakai produk MCH Trendy Muslim Apparel dalam acara Konser Sampah di Cibeas sukabumi. #bajukoko #bajumuslim #kokopria #kokomodern #mchbajukoko #bajumuslim #mch

Sebuah kiriman dibagikan oleh MCH™ Baju Koko (@mchmuslimapparel) pada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *